Memiliki usaha bukanlah suatu hal yang mudah, banyak hal yang harus diperhatikan dan banyak pengorbanan yang harus dilakukan untuk mendirikan sebuah usaha. Usaha yang dilakukan akan membutuhkan banyak pemikiran mulai dari konsep usaha sampai realisasi dari ide tersebut. Salah satu hal yang sulit dalam membangun sebuah usaha yakni urusan permodalan. Modal menjadi hal penting karena ketika baru memulai sebuah usaha perlu adanya pengeluaran seperti sewa tempat usaha, memberi material untuk produksi, sampai biaya pemasaran juga membutuhkan modal.

Sumber Modal Usaha

Modal untuk usaha dapat diperoleh dari mana saja. Banyak orang yang ingin membuka usaha biasanya bekerja terlebih dahulu di tempat lain. Mereka bekerja di tempat lain untuk mencari pengalaman dan juga mencari modal untuk mengembangkan ide usahanya. Namun ada pula yang sumber modalnya berasal dari tempat lain. Sumber modal hakikatnya sangat beragam. Ada pula yang memutuskan untuk mengikuti berbagai program dari pemerintah untuk mendapatkan bantuan sebagai sumber modal. Tentu saja langkah ini tidak akan mudah untuk diperoleh, setidaknya Anda harus memiliki ide yang bagus dan susunan proposal yang menarik. Selain kedua sumber modal tersebut, Anda juga dapat melakukan cara instan untuk mendapatkan modal usaha yakni dengan melakukan pinjaman modal usaha.

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

Tidak ada salahnya melakukan pinjaman modal untuk membangun usahanya. Namun Anda harus memastikan bahwa usaha yang hendak Anda bangun merupakan usaha yang memiliki keberlanjutan. Hal ini tentu saja dikarenakan melakukan pinjaman modal berarti memiliki tanggung jawab untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Terlebih biasanya pinjaman terdapat bunga yang juga harus dibayarkan. Maka dari itu Anda harus memikirkan dengan baik dan benar sebelum mengambil keputusan.

Jika Anda benar-benar sudah yakin dan menginginkan pinjaman modal untuk usaha, Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mendapatkan pinjaman secara cepat dan dalam jumlah yang cukup besar. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat ditempuh untuk memperoleh pinjaman usaha:

  • Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Meminjam modal melalui kredit usaha rakyat (KUR) menjadi salah satu langkah yang dapat di tempuh untuk memperoleh modal usaha. Kredit usaha rakyat merupakan program atau bantuan dari pemerintah untuk meningkatkan produktivitas usaha rakyat terutama usaha kecil menengah. Melalui KUR ini banyak UMKM yang memiliki kesempatan untuk meningkatkan dan mengembangkan usahnya.

  • Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Cara berikutnya yang dapat dilakukan yakni dengan melakukan pinjaman melalui KTA atau kredit tanpa agunan. KTA sebagaimana namanya, pinjaman ini tidak membutuhkan agunan. Peminjam tidak perlu memiliki aset untuk mendapatkan dana sebagai modal usaha. Cara peminjaman ini cukup mempermudah pra peminjam usaha. Untuk Anda pencari modal usaha, pinjaman ini cukup bersahabat.

  • Pinjaman Modal dari Peer to Peer Lending

Melakukan pinjaman modal peer to peer lending menjadi cara berikutnya untuk memperoleh pinjaman modal usaha.  Jenis pinjaman ini dikelola oleh perusahaan yang memiliki tugas untuk menghimpun uang atau dana dari para investor. Kemudian dana yang telah terkumpul nantinya akan di salurkan kepada para peminjam modal.

  • Pinjaman Modal Orang Terdekat

Cara lainnya yakni dengan melakukan pinjaman melalui orang terdekat. Cara ini tidak selalu mudah dilakukan, tapi banyak pengusaha yang memulai usaha dengan mencari modal melalui orang-orang terdekatnya.

  • Investasi

Cara yang kelima untuk memperoleh modal yakni dengan melakukan investasi. Investasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seakan Anda menabung kemudian uang yang telah terkumpul kemudian digunakan sebagai modal usaha.

Share Button